Kamis, 15 Januari 2009

APA ITU TATA SURYA?!

Tata surya adalah kumpulan dari matahari, planet-planet, asteroid, meteoroid, komet, planet kerdil(draft planet), dan debu antar planet.

matahari: sebuah bintang yang berumur kurang lebih 5 milyar tahun. dan diperkirakan masih akan berpijar sekitar 5 milyar tahun lagi.
planet: tentunya kita masih ingat bahwa sekarang hanya ada 8 planet, yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus. planet ini dibagi menjadi 2 macam berdasarkan letaknya dengan asteroid sebagai pembatasnya, planet dalam dan planet luar. planet dalam: merkurius, venus, bumi, mars. keempat planet ini punya susunan struktur batuan yang sama dengan bumi, sehingga disebut planet terestial(palet kebumian). planet luar: jupiter, saturnus, uranus, neptunus. keempat planet ini mempunyai setruktur yang sama dengan planet jupiter, sehingga disebut planet jovian(planet yang mirip dengan jupiter). keempat planet ini juga mempunyai cincin. meski begitu hanya planet saturnus saja yang cincinnya bisa dilihat dari bumi itupun harus menggunakan teleskop.
asteroid: benda langit yang tersusun dari: batuan/logam/campuran batuan dan logam. ada beberapa asteroid pada orbit jupiter yang disebut asterid trojan
meteorid: benda langit yang tersusun dari: batuan/logam/campuran batuan dan logam. mirip dengan asteroid tapi ukuranya lebih kecil.
komet: benda langit yang mengorbit matahari. terdiri dari debu, gas yang membeku. bila mendekati matahari maka akan mengeluarkan ekor gas. ini disebabkan karena ada tekanan yang besar dari matahari.
planet kerdil: adalah ben da langit yang mempunyai ciri sebagai berikut:
1. mengorbit matahari
2. mempunyai massa yang cukup agar dapat membuat bentuknya hampir bulat
3. orbitnya menyimpangi orbit benda langit lain
4. bukan merupakan satelit suatu planet
contoh draft planet: pluto, ceres, sedna, dll.

menurut para ahli bagian terjauh dalam tata surya kita adalah awan ort.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar